300x250 AD TOP

Jumat, 24 Juli 2015

Tagged under:

Manusia dan Penderitaan


NPM : 16114979

Penderitaan adalah sesuatu hal yang sulit, sakit dan dirasakan oleh setiap makhluk hidup. Misalkan ketika orang kelaparan karena sulit untuk mendapatkan uang nah hal tersebut sudah termasuk penderitaan.

Siksaan adalah bagian dari penderitaan tetapi siksaan adalah penderitaan yang diakibatkan oleh tindak kekerasan antar sesama makhluk hidup. Dari sebuah penderitaan maupun siksaan biasanya akan muncul phobia atau trauma dalam diri seseorang.

Phobia adalah rasa takut terhadap hal hal yang tidak wajar, misalkan ada orang takut sama gunting, mungkin orang tersebut pernah memiliki kejadian buruk yang berkaitan dengan gunting. Pada dasarnya ada 3 siksaan yang bersifat psikis yaitu, dilema, kesepian dan ketakutan. Penyebab orang merasa ketakutan ya sama seperti phobia pasti ada kejadian buruk yang dialami oleh orang yang ketakutan dan berkaitan dengan hal yang ditakutinya.

Kekalutan mental adalah keadaan dimana seseorang mengalami gangguan mental karena kebingungan, kasarnya mungkin disebut gila.

Tahapan-tahapan gangguan jiwa adalah :
  1. Gangguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohaninya.
  2. Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif, yaitu mundur atau lari, sehingga cara bertahan dirinya salah, pada orang yang tidak menderita gangguan kejiwaan bila menghadapi persoalan, justru lekas memecahkan problemnya, sehingga tidak menekan perasaannya.
  3. Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan. 

Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental, dapat banyak disebutkan antara lain sebagai berikut :
  1. Kepribadian yang lemah
  2. Terjadinya konflik sosial budaya
  3. Cara pematangan batin,
Sisi positif yang bisa diambil dari penderitaan adalah kita mendapat motivasi untuk berjuang sehingga kita dapat terhindar dari penderitaan yang sama maupun penderitaan yang lainnya.

Orang yang kuat secara mental tidak akan mudah jatuh jika mendapat penderitaan bahkan mungkin akan bangkit karena mendapat motivasi tetapi orang yang mentalnya lemah akan semakin terpuruk seiring dengan penderitaan tersebut.

referensi : https://rachelbrena.wordpress.com/2012/04/09/kekalutan-mental/

0 komentar:

Posting Komentar