300x250 AD TOP

Sabtu, 19 November 2016

Tagged under:

Review Jurnal PENERAPAN ALGORITMA GENETIK PADA PERMAINAN CATUR JAWA



    Review dari Jurnal :

Saputro, Nico. 2003. PENERAPAN ALGORITMA GENETIK  PADA PERMAINAN CATUR JAWA. Bandung:  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universtas Katolik Parahyangan.


1.     Bidang yang dikembangkan

Pengembangan untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan atau AI pada permainan yang melibatkan dua orang, secara khusus disini di implementasikan di permainan catur jawa dengan algoritma minimax.



2.     Masalah

Seringkali ketika kita bermain permainan yang melibatkan dua orang atau istilahnya game untuk berduel adu kemampuan antara 2 orang kita menemukan lawan yang terlalu mudah,  Karena melawan sesama manusia sudah tidak menantang lagi Karena sering terjadi human error atau kecerobohan dalam melangkah di permainan





3.     Solusi

Untuk mengatasi kecerobohan dalam permainan atau human error tersebut maka dibuatlah kecerdasan buatan yang dapat menjalankan algoritma sesuai permainan, yang dapat menentukan langkah mana yang terbaik untuk diambil agar bisa memenangkan permainan secepat mungkin.



4.     Evaluasi

Dengan metode Alpha-beta cutoff dapat digunakan untuk membuat game dengan mode 1 lawan 1 seperti catur, tic tac toe dan lain lain. Hal ini sangat bagus mengingat saat ini trend membuat game sedang naik daun. Dengan kemajuan teknologi serta pemahaman yang cukup dengan algoritma ini dapat dikembangkan lagi game yang lebih kompleks sehingga selain menyenangkan untuk dimainkan, game tersebut juga dapat melatih logika pemainnya.



5.     Kontribusi / Manfaat

Player yang memiliki tingkat kecerdasan lebih dari rata rata sekarang mempunyai lawan yang seimbang dalam bermain sehingga dapat membuat permainan lebih  menantang.



6.     Good  :

·         Permainan lebih menantang

·         Tidak adanya human error seperti melanggar aturan

·         Algoritma Genetik memiliki sifat kokoh

·         keseimbangan antara efisiensi dan efektifitas

·         system memiliki daya adaptasi yang tinggi

Bad  :

·         Permainan menjadi kurang seru

·         Sekali menang maka akan menang terus

·         Kelemahan algoritma Minimax yaitu tidak mampu memroses data dengan ukuran masukan yang besar, karena proses untuk membangun pohon pencarian dangan algoritma ini memiliki kompleksitas algoritma eksponensial. Maka dari itu, diperlukan optimasi dalam algoritma ini agar tidak semua simpul dibangkitkan



0 komentar:

Posting Komentar