300x250 AD TOP

Rabu, 24 Juni 2015

Tagged under:

Manusia dan Keindahan




NPM : 16114979

keindahan adalah gambaran akan sesuatu yang bagus atau cantik dalam artian bisa berupa manusia maupun alam. Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak adalah keindahan yang nilainya tidak terukur karena bersifat relatif jadi nilainya akan bergantung pada pandangan masing masing orang. sedangkan keindahan sebagai sebuah benda tertentu adalah keindahan yang nilainya mutlak, dalam artian keindahan yang sudah pasti semua orang setuju jika sesatu itu indah misalnya pemandangan.

Estetika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana keindahan bisa terbentuk dan bagaimana untuk bisa merasakan keindahan itu sendiri.

Dalam sastra dikenal 2 unsur yang mempengaruhi keindahan sastra tersebut, yaitu unsur intrinsik dan eksrinsik. Unsur Intrinsik adalah unsur yang terdapat didalam sastra itu sendiri sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang mempengaruhi sastra tetapi terdapat diluar sastra misalnya latar belakang kenapa sastra tersebut dibuat.

Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan. Sedangkan Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. 

Teori Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi dan kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar.
Keindahan adalah suatu kumpulan hubungan yang serasi pada suatu benda atau makhluk hidup dan diantara benda atau makhluk hidup itu dengan si pengamat.
Filsuf Inggris Herbert Read merumuskan definisi bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan-pencerapan indrawi kita


Teori Renungan 

Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.Biasanya manusia akan merenung apabila ada sesuatu atau musibah yang terjadi.

referensi : 
http://djuriatun.blogspot.com/2011/06/pengertian-kontemplasi-dan-ekstansi.html
http://triayuoctavia.blogspot.com/2013/01/teori-keserasian-dan-teori-renungan.html

sekian

0 komentar:

Posting Komentar