300x250 AD TOP

Rabu, 24 Desember 2014

Tagged under:

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat





NPM : 16114979

Pertentangan sosial seringkali terjadi karena adanya perbedaan, terutama karena adanya perbedaan kepentingan. Kepentingan disini bisa bermacam macam karena kepentingan tiap orang dalam masyarakat berbeda beda. Perbedaan itu berupa
  1.     kepentingan individu untuk memperoleh kasih sayang
  2.     kepentingan individu untuk memperoleh harga diri
  3.     kepentingan individu untuk memperoleh penghargaan yang sama
  4.     kepentingan individu untuk memperoleh prestasi dan posisi
  5.     kepentingan individu untuk dibutuhkan orang lain

Apa itu Diskriminasi ?

Diksriminasi adalah ketidakadilan perlakuan terhadap individu yang bisa dikarenakan oleh banyak hal.
Disktriminasi dibagi menjadi 2 yaitu
  1.     Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
  2.     Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan. ( sumber wikipedia)

Apa itu Ethosentris ?

Etnosentris adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantara budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain. 
Integrasi Sosial adalah proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

Integrasi National adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. ( sumber https://putriwindu.wordpress.com/2012/04/29/integrasi-nasional/ )

0 komentar:

Posting Komentar