300x250 AD TOP

Rabu, 05 November 2014

Tagged under:

Pemuda dan Sosialisasi


NPM : 16114979

Pemuda ya ? hmm.. Ya kita adalah pemuda penerus generasi bangsa. Pemuda atau generasi muda saat ini merupakan cerminan suatu bangsa dimasa depan. Sayangnya sebagian besar pemuda indonesia masih bermental kampung, maksudnya adalah kebanyakan dari mereka lebih sering menggunakan fisik daripada otak mereka dalam menghadapi atau menyelesaikan suatu masalah. Contohnya tauran, demo yang berujung anarkis dll

Sekarang beralih ke sosialisasi.

Apa itu sosialisasi ? 

Berdasarkan wikipedia, Sosialiasi adalah sebuah proses penanaman kebiasaan dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat

Apa itu Internalisasi

Internalisasi adalah proses dimana norma norma yang ada dalam masyarakat sudah tertanam dalam jiwa dari tiap tiap anggota masyarakat
 
Proses Sosialisasi menurut George Herbert Mead, yaitu :
  1. Tahap Persiapan
  2. Tahap Meniru
  3. Tahap Siap Bertindak
  4. Tahap Penerimaan Norma kolektif
Sebagai mahasiswa kita juga memiliki peranan penting dalam masyarakat, salahsatunya adalah sebagai pemegang titah Generasi Penerus. Sebagai generasi penerus dan juga bagian dari tonggak masa depan bangsa, kita diharapkan menjadi pribadi yang memiliki intelektual super dan akhlak yang santun.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :

  1. Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk mandiri dan ketrlibatannya pun secara fungsional bersama potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
  2. Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kea rah pertumbuhan potensi dan kemampuan ketingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.
sumber : http://mrizkygumelar.blogspot.com/2012/11/pembinaan-dan-pengembangan-generasi-muda.html

Masalah dan Potensi Generasi muda, seperti yang kita ketahui tahun depan tahun 2015 merupakan tahun dibukanya pasar bebas ASEAN dan itu akan menjadi masalah bagi siapapun yang tidak siap.
Masalah yang mungkin dihadapai mahasiswa dan pemuda adalah
  1. Persaingan dalam memperebutkan pekerjaan akan lebih ekstreme
  2. Jika pemuda Indonesia tidak siap maka akan seperti terjajah di negara sendiri
  3. Meningkatnya jumlah pengangguran
Selain masalah, pasar bebas ASEAN juga berpotensi sebagai ajang untuk pemuda dan mahasiswa Indonesia yang berbakat untuk unjuk kemampuan paling tidak dalam tingkat ASEAN .

Pendidikan dan Perguruan Tinggi

Berdasarkan wikipedia, Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan yang dilakukan oleh satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran. Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi.
Mengapa kita harus mengenyam Pendidikan Tinggi ?
  1. Jangan pernah berhenti mencari ilmu broo !!
  2. Mendapatkan Titel, dijaman jahiliyah seperti ini banyak perusahaan yang lebih melihat titel.
  3. Memperluas link
sekian tentang pemuda dan sosialisasi ~

0 komentar:

Posting Komentar