300x250 AD TOP

Selasa, 22 Maret 2016

Tagged under:

Contoh nyata 5 domain pada Information Technolody Infrastructure Library


NPM : 16114979

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI).

1. Service Strategy
merupakan panduan untuk penerapan ITSM mengenai cara memandang konsep dari ITSM bahwa bukan hanya sebagai kemampuan organisasi tetapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.

Proses proses yang terjadi dalam service strategy :
  1. Service Portofolio Management
  2. Financial Management
  3. Demand Management

Contoh

2. Service Design
merupakan panduan untuk organisasi TI agar dapat secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI maupun penerapan ITSM itu sendiri. Service Design mengandung prinsip dan metode atau cara desain untuk mengubah tujuan-tujuan strategis organisasi TI dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan sebagainya.

Proses proses yang terjadi dalam service design :
  1. Service Catalog Management
  2. Service Level Management
  3. Supplier Management
  4. Capacity Management
  5. Availability Management
  6. IT Service Continuity Management
  7. Information Security Management
Contoh "

3. Service Transition
Merupakan panduan untuk organisasi TI agar dapat mengembangkan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan lifecycle ini merupakan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service Design untuk selanjutnya diwujudkan dalam Service Operation.

Proses proses yang terjadi dalam service transition :
  1. Transition Planning and Support
  2. Change Management
  3. Service Asset & Configuration Management
  4. Release & Deployment Management
  5. Service Validation
  6. Evaluation
  7. Knowledge Management
4. Service Operation

Merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat berbagai panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya. Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja layanan TI. 

Proses-proses yang dicakup dalam Service Transition yaitu:
  1. Event Management
  2. Incident Management
  3. Problem Management
  4. Request Fulfillment
  5. Access Management
Contoh :




5. Continual Service Improvemen 
Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas, salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal sebagi Deming Quality Cycle


0 komentar:

Posting Komentar