300x250 AD TOP

Selasa, 06 Januari 2015

Tagged under:

Agama dan Masyarakat




NPM : 16114979

Agama dan Masyarakat adalah 2 hal yang saling terikat satu sama lain. Fungsi agama dalam masyarakat adalah untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar sesama manusia serta menjadi tolak ukur sebuah komitmen manusia terhadap Tuhannya.

Dimensi Komitmen Agama
  1. Dimensi keyakinan mengandung perkiraan/harapan bahwa orang yang religius akan menganut pandangan teologis tertentu.
  2. Praktek agama mencakup perbuatan-perbuatan berbakti, yaitu perbuatan untuk melaksanakan komitmen agama secara nyata.
  3. Dimensi pengerahuan, dikaitkan dengan perkiraan.
  4. Dimensi pengalaman memperhitungkan fakta, semua agama mempunyai perkiraan tertentu.
  5. Dimensi konsekuensi dari komitmen religius berbeda dengan tingkah laku perseorangan..
Agama memiliki 3 tipe hubungan dengan masyarakat diantaranya (menurut Elizabeth K. Nottingham)
  1. Masyarakat Pedalaman, Di dalam kehidupan masyarakat pedalaman agama masih berdasarkan kepercayaan sehingga mereka mengadakan berbagai upacara ritual karena mereka percaya dengan begitu mereka sudah memiliki agama.

  2. Masyarakat Semi Industri, Di dalam masyarakat semi industri sudah lebih maju dari masyarakat pedalaman sehingga di masyarakat semi indutri sudah memegang agama sebagai kepecayaan dan sebagai pedoman dalam melakukan segala hal seperti berdagang

  3. Masyarakat Industri Sekunder (Modern), Di dalam masyarakat industri sekunder sudah banyak muncul teknologi canggih sehingga lebih mudah menolong kegiatan manusia, namun karena sudah banyak teknologi maka agama menjadi di “no duakan” sehingga kurangnya kepercayaan terhadap agama.
Pelembagaan Agama mungkin adalah lembaga yang dibentuk berdasarkan agama tertentu, tujuannya untuk membantu masyarakat untuk lebih memahami agama tersebut. Misalnya MUI, NU dll

Contoh konflik agamadan masyarakat
Hmm contoh yang paling populer misalkan saat dulu umat islam dan kristen hidup tentram di amerika hingga datang kejadian terror yang mengakibat runtuhnya tower di amerika yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa, sejak saat itu amerika menjadi sangat anti terhadap islam karena mereka mengira agama islam adalah agama teroris. Menurut gua sih islam itu JELAS bukan agama teroris tapi kebetulan teroris itu beragama islam yang melalukan tindakan bodoh dan mengatasnamakan agama hingga timbulah konflik diskriminasi umat islam di amerika.

Referensi :
https://abiand.wordpress.com/tugas/9-agama-dan-masyarakat/
https://ciptadestiara.wordpress.com/category/dimensi-komitmen-agama/

0 komentar:

Posting Komentar